Mari Mengenal Profil Pondok Pesantren Mamba'ul Ulum Sangatta Selatan KM 06 Kutai Timur

  • Jul 09, 2024
  • hanan aida fitri
  • Pendidikan

Mambaul-ulum.kim.id, Sangatta - Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum KM.06, merupakan yayasan pendidikan swasta yang telah dirintis sejak tahun 2006, dan didirikan pada tanggal 24 November 2021, oleh Kyai Moh. Muslih dan Ibu Nyai Yu’ti Af’idah  S.Pd. dengan dibantu oleh masyarakat serta muhibbin beliau berdua. Pesantren ini didirikan dengan sistem pendidikan yang kolaboratif antara pendidikam agama ala ahl as-sunah wa al-jama’ah dan pendidikan umum yang sesuai dengan standar pemerintah.

Pondok pesantren Mamba’ul Ulum bertempat di jalan Poros Bontang-Sangatta KM.06, Gg. Pesantren, RT.03, Dusun Bukit Raya, Desa Pinang Raya, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur. Lokasi pesantren ini berada di wilayah pinggiran kota dengan akses yang mudah bagi kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Dengan restu dari para masyayikh terdahulu, serta dibawah bimbingan Kyai Moh. Muslih dan Ibu Nyai Yu’ti Af’idah, juga dengan dibantu para asatidz-asatidzah, pondok pesantren Mamba’ul Ulum  berupaya mencetak dan mendidik santri yang mutafaqqih fi ulumi ad-diin (mendalam dalam ilmu agama), serta menjadi insan yang hamiliina li al-qu’an lafdzon wa ma’nan wa ‘amalan (pribadi yang hafal, paham, serta mengamalkan al-qur’an), yang akan menjadi kader penerus perjuangan para ulama’ yang memiliki jiwa yang ikhlas, sabar, dan tawakkal dalam berusaha menyebarkan ajaran agama islam ala ahl as-sunnah wa al-jama’ah.

Dalam segi berfikir, santri pondok pesantren Mamba’ul Ulum mengikut kepada para ulama’ salaf ash-shalihin dalam mengamalkan pemikiran yang tawassuth (moderat), tasammuh (toleran), serta tawazun (seimbang dalam segala aspek kehidupan) dalam beragama,